Sabtu, 25 April 2015

Togo Molengo Wisata Budaya Wakatobi

 Benteng Togo Molengo terletak di Puncak Pulau Kapota Wakatobi. Togo Molengo merupakan bahasa lokal yang berarti kampung lama (Togo: Kampung; Molengo: Lama). Benteng tersebut pernah menjadi tempat pemukiman masyarakat dulunya, sehingga di dalam benteng terdapat kuburan tua penguasa Pulau Kapota. Kuburan ini dikenal masyarakat dengan sebutan “Koburu La Bapa”. 
Tidak sedikit masyarakat dari dalam maupun luar Wakatobi datang melihat dan berziarah atau berdoa, sehingga benteng ini memiliki potensi besar sebagai obyek wisata budaya Wakatobi. Tempat ini sangat menarik untuk tujuan penelitian karena sampai saat ini masih ditemukan fosil-fosil kerang, siput dan lain sebagainya yang jumlahnya cukup banyak. Konon kabarnya masih ada Pakaian atau Tombak milik penguasa Togo Molengo.


Dari Puncak Benteng Togo Molengo, pengunjung dapat menyaksikan panorama alam Pulau Wangi-Wangi dan sekitarnya. Bukan hanya itu, beberapa meter dari lokasi ini terdapat sumber mata air bersih yang digunakan untuk kebutuhan warga. Sumber mata air ini dikenal masyarakat dengan nama “Uwe Keke” dan “Uwe Wo’Ou” yang memiliki nilai sejarah. 


Masih banyak lagi obyek dan daya tarik wisata lainnya di Pulau Kapota khususnya di sekitar Benteng Togo Molengo. Di sekitar benteng juga terdapat Gua Walet dan kuburan Bhonto atau Wakil Ketua Adat.

0 komentar: