Sabtu, 28 Juni 2014

Kapota: Kampung Pesona Wisata Wakatobi

Pulau Kapota, Wakatobi masih asing bagi banyak orang di Indonesia. Perlahan tapi pasti, keindahan  Pulau Kapota akan sejajar dengan Pulau-Pulau utama di Wakatobi seperti Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. 
Banyak pantai dan air laut yang masih jauh dari tercemar. Pasir putih yang sangat memberikan pengalaman dan sensasi bagi wisatawan tersebar mengelilingi Pulau Kapota. Ada beberapa keunikan dan daya tarik yang berbeda dengan pulau-pulau di sekitarnya, diantaranya: pulau ini memiliki pohon kelapa bercabang empat (kaluku panga)dan danau (tai laro)yang dikelilingi tumbuhan mangrove. Danau tersebut adalah danau terluas di Kabupaten Wakatobi dan termasuk obyek wisata unggulan Wakatobi yang memiliki beragam daya tarik wisata di dalamnya. Bila diperhatikan sepintas danau Pulau Kapota bentuknya seperti telapak kaki raksasa. Bukan hanya itu, Perairan Pulau Kapota juga sering dilintasi lumba-lumba dan memiliki keindahan bawah laut yang memesona, dihiasi terumbu karang dan ikan berbagai jenis.

Pulau Kapota disebut juga Pulau Kambode, secara administrasi terletak di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau yang tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Wakatobi ini menyimpan beragam pesona wisata. Keelokkan alam yang hijau, pantai pasir putih yang bersih, air laut yang bersih nan biru kehijau-hijauan serta budaya Wakatobi dapat dirasakan di Pulau Kapota. Tidak jarang yang katakan pulau ini sungguh indah, bentuknya seperti ikan.


Untuk menuju Pulau Kapota tentu harus menuju ke Pulau Wangi-Wangi Ibukota Kabupaten Wakatobi  terlebih dahulu. Dari Wangi-Wangi, terdapat dermaga Kapota di Pasar Sentral dan Pasar Pagi Wanci (Wanci adalah Ibukota Kecamatan Wangi-Wangi). Di Dermaga Wanci-Kapota terdapat Gazebo yang mungil (tempat istirahat) dengan pemandangan alam yang cukup menarik perhatian para pengunjung.

Perjalanan dari Wanci-Kapota hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan transportasi yang cukup aman dan nyaman. Transportasi lokal yang satu ini disebut Jonson. Jonson setiap hari beroperasi sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Kapota atau Wangi-Wangi. Dipastikan perjalanan tak akan terasa lama karena kita akan melewati “Surga Nyata Bawah Laut Wakatobi”.  Begitu sampai di Pulau Kapota, pagar bambu yang berwarna dan rapi akan memanjakan mata sepanjang jalan Kampung Pesona Wisata ini.

Pulau Kapota cocok untuk wisatawan yang senang bermain air di pantai dan berfoto selfie-selfie. Dipastikan sekali berkunjung ke Pulau Kapota, beribu-ribu kali meninggalkan jejak di sana.

Untuk informasi terkait Wakatobi, anda dapat mengunjungi link  http://go-wakatobi.id/. Apabila ingin menikmati langsung Kampung Pesona Wisata Wakatobi khususnya Pulau Kapota, Anda bisa datang dan menghubungi kontak di bawah ini.

Cp. 081245623738 (Nasrun)
e-mail: pulaukapota@gmail.com

2 komentar:

pulau kapota mengatakan...

Trimakasih...
Semoga bisa bertemu di Wakatobi.
Salam Lestari...

surya mengatakan...

terumbu karang terindah di dunia salah satunya ada di Wakatobi lo
happy traveling